Kawasan Wisata Sekotong

Villa Sun Dancer Pandanan SekotongOleh Sumade Chicharito Hernandez pada 15 Mei 2011 jam 15:08  

>>Wisata Pasir Putih yang Minim Sentuhan

KAWASAN Sekotong kabupaten Lombok Barat (Lobar) mungkin sudah banyak yang tahu dan mendengar kawasan tersebut. Sekotong tidak hanya identik dengan aktivitas penambangan liar yang telah banyak memakan korban baik itu nyawa, lingkungan dan sebagainya. Namun, Sekotong juga mempunyai sisi lain yakni kawasan wisata yang tergolong eksotik dengan hamparan pasir putih yang memanjang sepanjang pantai yang sampai sejauh ini bisa dikatakan minim sentuhan, baik itu dari pemerintah maupun para investor. 

Tidak hanya pasir putih yang menjadi andalan bagi alam Sekotong, keberadaan puluhan pulau kecil yang biasa disebut Gili serta Taket (pulau yang lebih kecil dari Gili) juga nampaknya lebih mempercantik Sekotong jika dilihat dari atas. Terlepas dari itu, beberapa daya tarik yang sepatutnya mendapat perhatian adalah beberapa lokasi yang sejauh ini sudah mendapat lirikan dari wisatawan juga masih terkesan kurang mendapat perhatian seperti daerah olah raga air semacam lokasi surfing dan peninggalan sejarah seperti Goa Jepang yang berada di wilayah Bangko-Bangko Desa Batu Putih Kecamatan Sekotong. 

Meski masih menjadi bayang-bayang kawasan wisata Senggigi, keberadaan Sekotong di dunia pariwisata juga tidak bisa dipandang sebelah mata. Karena sejauh ini sudah ada beberapa sarana penunjang seperti Hotel dan Restoran yang ada dikawasan itu, seperti hotel Sun Dancer yang merupakan salah satu hotel berbintang lima yang saat ini sedang proses perampungan, The Cocotinos, Bola-Bola Paradise serta masih banyak lagi hotel-hotel kelas melati yang ada di bagian barat Sekotong. 

Bupati melalui Kabag Humas dan Sandi Pemkab Lobar Ispan Junaidi M.Ed yang dihubungi Suara NTB Minggu (10/4) kemarin mengatakan, kawasan Sekotong mempunyai tiga karakter yang saat ini menjadi unggulan pemerintah setempat yakni pertambangan, pariwisata dan perikanan kelautan. Ke depan, kawasan Sekotong oleh Pemkab Lobar diarahkan bisa mengisi tiga hal tersebut yang disesuaikan dengan peraturan daerah (Perda) Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) yang sejauh ini sedang dibahas dan digodok oleh DPRD Lobar. 

Lebih jauh berbicara tentang sektor pariwisata, Ispan Junaidi menyatakan sektor pariwisata sendiri akan dikhususkan pada kawasan pantai serta puluhan pulau yang ada di daerah paling barat Lobar itu. “Pengembangan pantai dan pulau sedang kita kaji bersama beberapa investor yang sudah masuk,” ujarnya seraya menambahkan untuk mengembangkan kawasan Sekotong, Pemkab Lobar tidak bisa bekerja sendiri atau dengan kata lain turut membutuhkan sentuhan dari para investor yang memiliki modal. 

Menurut dia,  Pemkab Lobar melalui pasangan Bupati Dr. H. Zaini Arony MPd dan wakil Bupati Dr. H. Mahrip SE.MM juga telah memiliki konsep tersendiri terhadap pengembangan kawasan wisata Sekotong yakni sedang merancang penyediaan infrastruktur seperti listrik, air bersih, dan yang terpenting adalah jalur transportasi. “Untuk penyediaan air bersih, saat ini sedang dipersiapkan oleh PDAM Menang-Mataram,” cetusnya. 

Lalu bagaimana dengan jalur transportasi? juru bicara Pemkab Lobar ini mengatakan, ke depannya pemerintah setempat setidaknya juga akan membangun beberapa fasilitas penunjang pariwisata seperti pelabuhan Marina yang nantinya dikhususkan untuk kapal-kapal pesiar. “Tidak hanya itu, usulan pemindahan Pelabuhan Penyebrangan juga telah dilakukan Pemkab Lobar ke pemerintah pusat. Nantinya, kalu semua berjalan sesuai rencana, pelabuhan penyebrangan akan dipindahkan ke kawasan Batu Putih Sekotong, sementara Pelabuhan Lembar akan dipergunakan sebagai pelabuhan barang atau pelabuhan peti kemas,” terangnya kemudian. (smd)

Artikel Terkait :

1.    Sekotong Butuh Event Budaya Dan Pariwisata

2.    I Love Sekotong

Silahkan tinggalkan komentar, untuk silaturahmi selanjutnya

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s